Labuhan Segoro Kidul di Banjiri Para Kaum Spiritual Nusantara

Labuhan Segoro Kidul di Banjiri Para Kaum Spiritual Nusantara

Labuhan Segoro Kidul telah dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Suro, Selasa,1 Agustus 2023 kemarin di pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta ini telah di banjiri oleh para kaum spiritual Nusantara dan masyarakat umum. Acara tahunan Labuhan Segoro Kidul tersebut di prakarsai oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI) provinsi Jawa Tengah yang dikomandoni oleh Ki Joni Asmoro.

Ketua Umum FKPPAI Ki Saung Rahsa diantara para kaum spiritual Nusantara hadiri Labuhan Segoro Kidul

Dalam acara tersebut, nampak suasana para kaum spiritual dan masyarakat umum yang semuanya mengenakan pakaian adat Jawa mengikuti ritual dengan khusuknya. Nampak pula berbagai macam uborampe untuk sesaji  yang akan di tebarkan ke pantai Parangkusumo sebagai bahan media umtuk bermunajad ke pada Sang Pencipta.

Prosesi Labuhan Segoro Kidul

Doa para kaum spiritual Nusantara dan masyarakat umum yang dipanjatkan kepada Allah SWT, adalah senantiasa memohon agar mereka dalam menjalani tata kehidupan di dunia ini akan selalu di berikan keberkahan dan karunia oleh Allah SWT, sehingga meraka senantiasa dapat menjalani kehidupannya dengan damai. Selain itu, para peserta ritual juga ikut berdoa untuk memohon kepada Allah SWT agar supaya negeri Indonesia tetap terus aman dan tentram, terhindar dari berbagai macam malapetaka.

Peserta Labuhan Segoro Kidul Menuju Pantai Parangkusumo untuk Menebarkan sesaji

Tokoh spiritual yang turut hadir dalam acara tersebut antara lain adalah: Ketua Umum FKPPAI, Ki Saung Rahsa, KRHT. Wiryohudoyo, Bunda Ratu Ayu, Hj. Dewi Tarot, Indah Indigo, Ki Mahesa dan masih banyak lagi kaum spiritual yang lain. Keikut sertaan para tokoh spiritual Nusantara ini adalah sebagai wujud untuk mengikuti tradisi budaya kearifan lokal Nusantara yang sudah ada sejak zaman berdirinya Kerajaan Mataram Islam.