AUL: Hantu Manusia Berkepala Anjing

AUL: Hantu Manusia Berkepala Anjing

Aul adalah hantu manusia yang berkepala anjing. Sebagian orang berpendapat Aul termasuk dalam golongan manusia bunian. Ia merupakan jelmaan manusia yang menjadi korban percobaan ilmu hitam dari saudaranya sendiri.

Di ceritakan, seorang pemuda bernama Saul yang memiliki ilmu gaib “Mantra Penahan Roh” yang sedang mencoba ilmunya dengan memenggal kepala adiknya sendiri. Dua kali Saul memenggal kepala adiknya sampai putus dan bisa di sambung lagi dan adiknya  bisa hidup kembali seperti sedia kala.

Akan tetapi tatkala pada pemenggalan yang ketiga, kepala adiknya yang  tiba-tiba jatuh ke dalam jurang. Takut kekuatan mantra penahan rohnya habis massa waktunya, sebelum kepala adiknya ditemukan Saul menebas kepala seekor kambing dan disambungkan ke tubuh adiknya. Ironisnya kepala adiknya tetap tak bisa ditemukan oleh Saul.

Sementara adiknya terus melolong-lolong memanggil Saul untuk meminta kepalanya dikembalikan seperti semula. Dan dari kata-kata Saul itulah kemudian orang menamakannya sebagai AUL, terutama pada anak keturunannya dari hasil perkawinannya dengan makhluk halus.

Namun ada pula yang meyakini, AUL termasuk mahkluk halus dari golongan hantu keturunan dari Raja Jin Prabu Andakara dari garis keturunan Jin Buras. Menurut “Serat Babad Tanah Jawi” yang bersumber dari “Serat Palasara” disebutkan bahwa salah satu keturunan Jin Buras yang berwujud Anjing menikah dengan salah seorang putra Jin Waktu yang berwujud raseksi. Dari hasil perkawinan tersebut lahirlah beberapa makhluk halus yang memiliki wujud yang aneh-aneh, seperti: manusia berkepala anjing, manusia berkepala kuda dan lain sebagainya.

Namun kendati dari mana asal-usulnya, AUL tetap merupakan hantu yang menakutkan bagi manusia.