Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Baranusa Kepulauan Sula, Maluku Utara dan Misi Pelestarian Budaya Nusantara

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Baranusa Kepulauan Sula, Maluku Utara dan Misi Pelestarian Budaya Nusantara

Kepengurusan Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (Baranusa) kepulauan Sula, Maluku Utara pada hari Minggu, 26 November 2023 resmi telah di dikukuhkan. Pengukuhan dan pelantikan kepengurusan Baranusa kepulauan Sula, Maluku Utara dilaksanakan di Anjungan Maluku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan dilakukan langsung oleh Panglima Besar Baranusa Pusat, Sri Sultan Iskandar Mahfud Badaruddin.

Para Petinggi Daerah Baranusa

Dalam pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan kepengurusan Baranusa kepulauan Sula, Maluku Utara tersebut terbilang cukup meriah dan sukses, sebab dihadiri oleh para petinggi-petinggi kepengurusan Baranusa dari berbagai daerah. Nampak Pangeran Nata Adiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat (wakil Ketua Panglima Baranusa Pusat), Ketua Baranusa wilayah DKI, Datuk Muslim Siregar SE, Ketua Baranusa Jawa Barat, YM Ully Sigar Rusady, Raja Sultan Nusantara serta di hadiri pula oleh unsur Kantor Presiden RI.

Para Petinggi Baranusa

Dalam acara tersebut disuguhkan beberapa seni budaya Nusantara serta pencanangan Baranusa untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan yamg ada di negeri Nusantara. Sehingga budaya Nusantara tetap lestari dan langgeng hingga tetap bisa dinikmati oleh regenerasi kita mendatang.

Panglima Besar Baranusa Pusat, Sri Sultan Iskandar Mahfud Badaruddin dan Permaisuri

“Dapat di simak bahwa budaya Nusantara saat ini terbilang hampir terdegradasi. Hal tersebut lantaran dunia yang sudah sedemikian modernnya. Bahkan  di kalangan kaum milenial nyaris tidak mengenal budaya Nusantara yang terbilang adiluhung ini. Oleh sebab itu kita akan menggerakkan para pengurus Baranusa di manapun berada untuk turut serta dan bekerja sama dengan pemerintah.

Pangeran Nata Adiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat ( Wakil Panglima Baranusa Pusat), kanan Didampingi oleh Ketua Baranusa DKI Datuk Muslim Siregar SE.

Dalam misi mengembangkan dan melestarikan budaya adiluhung Nusantara agar tidak punah di telan zaman globalisasi,” kata Panglima Besar Baranusa Pusat Sri Sultan Iskandar Mahfud Badaruddin di tengah tengah acara pengukuhan dan pelantikan kepengurusan Baranusa Kepulauan Sula, Maluku Utara semangat.

Para Anggota Baranusa

Dalam hal tersebut Panglima Besar Baranusa Pusat, Sri Sultan Iskandar Mahfud Badaruddin juga berkenan untuk memohon kepada Presiden Joko Widodo agar berkenan segera menerbitkan SK Presiden (Keppres) dalam hal pengembangan dan pelestarian budaya Nusantara.

Para Petinggi Baranusa Saat Sedang Menlakukan Do’a Bersama

Nah…semoga apa yang menjadi arah dan cita-cita misi dan visi Baranusa Pusat dan jajarannya dapat tercapai,  Kelestarian budaya Nusantara Adiluhung peninggalan leluhur kita ini tetap terjaga dan dapat di nikmati oleh para regenerasi kita mendatang.